BREAKING NEWS

Sunday, September 4, 2016

Ikan Hias



Ikan Hias
Ikan hias air tawar memang tak pernah surut dari perhatian para hobiis maupun pembudidaya. Dari sisi artifisial, tampilan warna yang elok dan cemerlang menjadi daya tarik tersendiri bagi hobiis. Sementara dari sisi bisnis, jenisnya yang beragam, kemudahan dalam pemeliharaan, serta permintaan yang tinggi (baik lokal maupun ekspor), menjadi daya tarik para pembudidaya. Untuk itu, buku Panduan Lengkap Ikan Hias Air Tawar Populer hadir guna memenuhi khasanah pengetahuan para hobiis maupun pembudidaya mengenai ikan hias air tawar. Buku ini membahas secara detail, mulai dari ragam jenis; budi daya; kualitas air; pakan; penanggulangan penyakit; analisis usaha; hingga kiat untuk memasarkannya
Ikan hias air tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Dalam banyak hal, lingkungan air tawar berbeda dengan lingkungan perairan laut, dan yang paling membedakan adalah tingkat salinitasnya. Untuk bertahan di air tawar, ikan membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh.

41% dari seluruh spesies ikan diketahui berada di air tawar. Hal ini karena spesiasi yang cepat yang menjadikan habitat yang terpencar menjadi mungkin untuk ditinggali.


Ikan air tawar berbeda secara fisiologis dengan ikan laut dalam beberapa aspek. Insang mereka harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting; ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan

Contoh Ikan Hias

Ikan Koi 
Nama latin :Cyprinus Carpio L
Ciri fisik    : Warna merah dan putih yang menarik

Ikan Cupang
Nama latin :Betta Sp.
Ciri fisik     :Warna sisik dan siripnya berkilauan

Ikan Arwana
Nama latin :Scleropages Sp.
Ciri fisik     :Pada ikan arwana muda dapat terlihat pada sirip, mulut, dan sungut yang merah. Ketika ikan sudah tumbuh dewasa warna merah akan terlihat pada beberapa bagian tubuh

Ikan Koki
Nama latin :Carrasius auratus
Ciri fisik     :Bentuk tubuh yang pendek dan bulat , sisi tubuh mempunyai gurat

Ikan Guppy
Nama latin :poecilia reticulate
Ciri fisik     :Sirip indah

Ikan Discus
Nama latin :Symphysodon discus
Ciri fisik     :Tubuh mirip lempengan

Manfaat Ikan Hias

Membuat seseorang merasakan kesejukan saat melihatnya
Manfaat Merawat Ikan Hias yang pertama yaitu membuat seseorang merasakan kesejukan saat melihatnya. Mengapa ? yang pertama adalah air, sudah jelas disini air membawa kesejukan bagi siapa saja. dan yang kedua gerak-gerik Ikan Hias yang ada di dalam aquarium  kolam yang membuat kita serasa ada di dalam air tersebut.

Menjernihkan Pikiran dan Menetralkan perasaan
Memelihara Ikan hias juga memiliki manfaat menjernihkan pikiran dan menetralkan Anda. Hal ini ada kaitannya dengan kesehatan. ketika kita merasa bosan atau stres, cobalah untuk melihat Ikan Hias yang berwarna-warni dan berenang dengan gemulainya di dalam air pada Aquarium Anda. berlari dan bersembunyi di bebatuan hias Aquarium Anda, Mampu mengalihkan perhatian kita  dari masalah yang dihadapi. Menjadi hiburan murah namun tidak murahan. Gerakan alami ikan yang mengalir dengan tenang akan mengendurkan syaraf-syaraf sehingga akan merasakan ketentraman, menghanyutkan hati dan pikiran Anda ke dalam kebahagiaan serta menjadi obat stres yang ampuh.

Memberi Inspirasi dan Ide
Disaat melihat Ikan Hias berenang dengan tenang. menimbulkan ketentraman. Maka dari situlah biasanya Inspirasi dan Ide-ide Anda akan bermunculan dan Mampu membangkitkan kreatifitas dalam mengerjakan sesuatu.

Menambah Hobi dan Meraup Keuntungan
Memelihara Ikan Hias juga menambah hobi baru bagi para penggemarnya. dan meraup keuntungan bagi para pemelihara ikan yang sudah mahir merawatnya. Mengapa ? para pemelihara ikan yang sudah mahir pasti sudah tau cara memperkembangbiakan Ikan tersebut. semakin banyak Ikan berkembangbiak semakin banyak keuntungan yang didapat pada saat menjualnya ke orang lain.

Menambah Keindahan Ruangan
Memelihara ikan Hias di Aquarium maupun kolam juga dapat menambah keindahan ruangan Anda. dengan dilengkapi aksesoris yang menarik dan lampu yang berwarna cerah serta tambahan air mancur untuk kolam. contohnya saja untuk aquarium bulat / toples Anda letakkan di Meja belajar, maka Anda tidak akan pernah merasa jenuh saat belajar melainkan betah karenanya.

Membantu Menjaga Kelestarian Alam
Dan yang terakhir, tentu saja dalam memelihara ikan hias, Anda juga turut menjaga kelestarian alam kita. karena sedang marak-maraknya eksploitasi laut dan ikan, maka dengan inilah salah satu cara ampuh untuk membantu menjaga kelestarian alam kita kembali.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Tafsir Ilmi. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates
UA-83224336-1